Search This Blog:

Select Language To Translate Articles Here:

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

2018-03-17

Faktor-Faktor Yang Bisa Menunjang Keberhasilan Belajar Bahasa Mandarin

 
Faktor-faktor apa yang bisa menunjang keberhasilan dalam belajar Bahasa Mandarin?

Di dalam artikel Saya sebelumnya, sudah Saya uraikan tips bagaimana cara agar bisa belajar Bahasa Mandarin sampai berhasil. Ada syarat-syarat yang harus kita miliki dan kita penuhi. Silahkan baca kembali artikel tersebut di sini :
 
Bagaimana cara belajar mandarin sampai berhasil. 

Nah, sekarang Saya mau membahas tentang faktor-faktor apa saja yang turut menentukan keberhasilan belajar kita. Faktor-faktor ini merupakan faktor penunjang. Jadi tanpa faktor-faktor ini pun, sebenarnya kita bisa berhasil juga. Cuma kalau kita memiliki faktor-faktor ini, maka keberhasilan belajar kita bisa lebih cepat. Merupakan suatu keberuntungan, kalau kita memiliki faktor-faktor ini. Karena kita tidak perlu harus bersusah-payah dalam belajar.

Apa sajakah faktor-faktor itu? Inilah dia :

BAKAT
 
Kalau Anda berbakat di bidang bahasa, Anda adalah orang yang beruntung. Anda tidak perlu bersusah-payah belajar. Orang yang berbakat, sekali diajari langsung paham. Bahkan tanpa diajari sekali pun, terkadang langsung mengerti dengan sendirinya. Dalam hal menghafal kosa kata, juga tidak cepat lupa. Sekali menghafal, berbulan-bulan pun masih ingat. Dalam hal menulis pun, sekali melihat sudah tahu harus mulai menggurat dari mana. Tanpa ejaan pinyin pun, langsung bisa membaca. Melafalkan bunyi juga lebih tepat nadanya. Tidak perlu banyak latihan sudah bisa mengucapkannya dengan benar. Kalau Anda berbakat, Anda bisa selesai belajar lebih cepat daripada orang yang kurang berbakat. Dan Anda pun bisa belajar sendiri setelahnya tanpa perlu Guru lagi.

Lalu, bagaimana dengan orang yang kurang berbakat atau yang tidak berbakat? Mereka tetap bisa belajar sampai berhasil. Hanya saja mereka butuh waktu yang lebih lama. Tapi, ada syarat lainnya yang harus dipenuhi oleh orang yang bakatnya kurang. Apa itu? Tak lain daripada ke-6 syarat yang saya sebutkan dalam artikel link di atas itu. Dan ke-6 syarat tersebut harus dipraktekkan dengan benar. Dan usahanya pun harus kencang! Kalau tidak kencang, maka tidak akan berhasil. 

Kenapa orang yang kurang berbakat harus ekstra keras dalam belajar? Yah, karena bakatnya kurang. Kelemahan orang yang kurang berbakat adalah kalau belajar tidak bisa diajari sekali langsung bisa mengerti. Mereka perlu latihan-latihan yang intensif, banyak kesulitan yang akan mereka jumpai dalam proses belajar, mereka butuh kesabaran yang ekstra dalam menghadapi tantangan, mereka harus bisa mengatasi hambatan-hambatan dalam proses belajar. Makanya, kenapa Saya bilang ke-6 syarat itu harus kencang!

Bila kalian menyadari, bahwa kalian ternyata tidak berbakat, janganlah juga kalian jadi patah semangat dalam belajar. Belajar itu memang tidak gampang. Tetapi bukan berarti mustahil dilakukan. Ingatlah peribahasa yang berbunyi, kalau mau berusaha, pasti ada jalan keluarnya. Pokoknya, kencangin saja usaha kalian. Konsistenlah mempraktekkan ke-6 syarat tadi, nanti hasilnya pasti akan kelihatan. Percayalah !

OTAK ENCER
 
Kita semua tahu, bahwa kalau otak kita encer, maka segala sesuatu bisa jadi lebih mudah dan cepat, termasuk belajar. Maka dari itu, bagi yang dikaruniai otak encer oleh Yang Maha Kuasa, harus bersyukur. Janganlah disia-siakan karunia ini. 

Lalu bagaimana dengan yang otaknya kurang encer? Tidak apa-apa. jangan pesimis. Asal Anda jalani ke-6 syarat tadi dengan benar, Anda bisa juga kok mendapatkan kemajuan. Anda harus memiliki kesabaran yang tinggi. Karena semua sumber kegagalan, biasanya bermuara kembali ke diri kita masing-masing. Kunci permasalahannya ada pada diri kita. Bukan pada orang lain, bukan bergantung sikon, faktor eksternal, Guru yang mengajar dan materi pelajaran yang diberikan. 

Lalu apakah kalau kita berbakat dan berotak encer, kita sudah pasti berhasil ? Jawabannya adalah , bisa iya, bisa pula tidak. Kenapa? Yah, karena kalau kita itu malas, maka percuma juga bakat dan kepintaran kita. Pintar-pintar tapi malas, berbakat tapi gak serius. Yah, susah untuk berhasil juga. Bagus, kalau seseorang itu selain berbakat dan berotak encer, dia juga kencang dalam belajar. Sudah pasti kemajuan yang dia capai akan luar biasa. Inilah hal-hal yang diidam-idamkan oleh orang yang belajar bahasa asing.


Sumber Foto: https://sogou.com
 
 
********

No comments:

Post a Comment