Search This Blog:

Select Language To Translate Articles Here:

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

2019-04-26

Keunggulan Belajar Mandarin Dan Inggris Online Di Kelas Online Aku

Keunggulanku

Apa perbedaan belajar Bahasa Mandarin dan Inggris online di tempat aku dengan belajar di tempat lain?

Sekilas kelihatannya sama, akan tetapi sebenarnya ada bedanya.

Kalau di tempat lain, mungkin bisa seperti ini:
  • Untuk yang kelas online grup, mungkin pesertanya bisa lebih dari 10, atau lebih dari 20, bahkan bisa 30 orang.
  • Karena materinya terlalu banyak, maka interaksi antara guru dan murid menjadi lebih sedikit, bahkan bisa tidak ada sama sekali. Kebanyakan jadi hanya interaksi satu arah saja (hanya dari pihak guru saja).
  • Karena pesertanya banyak dan waktunya sedikit, jadi kesempatan untuk bertanya menjadi lebih sedikit atau bahkan menjadi tidak ada sama sekali.
  • Ada penargetan materi yang diajar harus selesai dalam 1 kali pertemuan, sedangkan materi yang harus dijelaskan terlalu banyak, sehingga terpaksa dikebut dan hasilnya jadi kurang maksimal.
  • Berkaitan dengan poin di atas, karena materi yang diajar banyak, sedangkan waktunya terbatas, sehingga proses ajar-mengajar menjadi kurang fokus.
  • Lebih difokuskan untuk mengejar kenaikan level belajar (Basic, intermediate, advance), bukan difokuskan pada keberhasilan belajar. Inilah salah satu kekurangan dari proses pembelajaran yang sengaja dibuat dalam bentuk level-level atau tingkat-tingkat.
  • Memancing minat belajar dengan modul-modul aplikasi, media dan unsur-unsur interaktif yang indah dan menarik hati, yang terutama difokuskan untuk menambah jumlah peserta, bukan berfokus pada keberhasilan belajar.
  • Menciptakan fun learning palsu dengan mengandalkan keindahan dan kemenarikan dari modul-modul aplikasi tersebut, sehingga fun learning yang timbul hanya sebatas kulit luar saja. Jadi apabila kulit luar ini tanggal, maka fun learning itu pun akan hilang dengan sendirinya.
  • Mungkin masih banyak lagi contoh lainnya. Kalau disebutkan satu-persatu, mungkin bisa jadi panjang. Ini hanya ambil contoh saja beberapa butir.


Kalau kelas online di tempat aku:

  • Kelas online aku sifatnya Bimbel (Bimbingan Belajar). Jadi aku mengajar dan membimbing sampai peserta bisa menguasai bahasa mandarin dengan baik (sampai bisa). Jadi bukan fokus mengejar level. Karena belajar mandarin itu, sebenarnya tidak pernah ada habisnya. Semakin lama anda belajar, anda akan semakin pintar. Jadi percuma dibuat menjadi level-level. Bahkan ada yang membuat level dalam 3 bulan atau 6 bulan. Bisa naik tingkat setiap 3 bulan atau 6 bulan. Memang 3 atau 6 bulan sudah langsung bisa? Coba kita pikir, kita dulu kuliah saja perlu waktu 4 sd 5 tahun ya? Level-level itu hanya akal-akalan saja  dari si guru atau si lembaga, agar peserta tidak stres, karena biasanya orang tidak mau belajar lama-lama. Jadi kalau cuma 3 bulan atau 6 bulan, biasanya orang masih mau belajar.
     Jadi Bimbelnya sampai berapa lama?

  • Sampai peserta sudah merasakan adanya kemajuan dalam belajar. Misalnya, tadinya tidak mengerti sama sekali, tapi sekarang sudah menjadi paham. Dulu tidak bisa berbicara, sekarang sudah pandai bicara. Dulu tidak bisa menulis, sekarang sudah lancar. Dulu tidak bisa membuat kalimat, sekarang sudah jago. Dulu tidak bisa membaca sama sekali, sekarang sudah bisa membaca cerita dan mengerti artinya. Nah, ini fungsinya Bimbingan Belajar. Membimbing anda sampai anda merasakan adanya kemajuan dalam belajar ! Terserah, anda mau belajar berapa lama. Kalau dirasa sudah cukup, boleh berhenti. Pokoknya bebas. Target setiap orang dalam belajar itu beda. Ada yang mau ahli, ada yang hanya mau sekedar bisa, ada juga yang mau menjajal saja. Jadi guru tidak akan memaksa, jika murid mau akhiri, silahkan.
  • Untuk kelas online grup, peserta sengaja aku batasi menjadi Small Class (Kelas Kecil) saja, ini agar proses ajar-mengajar menjadi lebih fokus dan agar si peserta bisa berinteraksi dan bertanyajawab dengan guru lebih leluasa. Kasihan, kalau tidak ada kesempatan untuk bertanya. Dengan demikian, proses belajar dan mengajar terjaga menjadi 2 arah. Jadi kalau belajar di tempat aku, kalian bisa leluasa untuk bertanyajawab.
  • Tidak ada penargetan mengajar, bahwa semua materi harus selesai dalam 1 kali pertemuan. Pengajaran akan dilakukan step by step, sudah dipahami baru dilanjutkan. Jadi tidak akan ada kebut-kebutan seperti contoh di atas.
  • Untuk menjaga agar proses belajar fokus selalu, aku sengaja memisahkan materi dalam 2 kelas online. Kelas online pemula dan kelas online percakapan. Kenapa dipisah, tidak digabungkan? Karena materinya banyak, tidak cukup waktu jika diajarkan dalam 1 jam, makanya supaya fokus, jadi dibuat terpisah.
  • Memang kelas online aku tidak memiliki modul-modul aplikasi interaktif yang indah-indah dan menarik hati, yang tujuannya hanya untuk menciptakan fun learning. Akan tetapi, aku menciptakan fun learning yang abadi.
  • Kalau anda belajar mandarin dengan hati yang senang, antusias, penuh minat, serius dan termotivasi, maka di saat kalian belajar, sebenarnya fun learning itu sudah tersimpan di hati kalian, cuma belum keluar saja. Setelah kalian belajar beberapa waktu, saat kalian sudah merasakan adanya sedikit kemajuan, maka ‘fun learning’ yang tersimpan di hati kalian itu, akan keluar dengan sendirinya. Semakin lama anda belajar, semakin pintarlah anda, maka fun learning itu akan terus bertambah. Saat anda sudah mendapat kemajuan yang berarti, maka ‘fun learning’ itu tidak akan hilang lagi selamanya, dia akan terus ada di dalam hati kalian. Jadi fun learning yang aku ciptakan itu adalah fun learning yang abadi. Dia tidak akan hilang selamanya. Dia bukanlah kulit luar seperti yang aku uraikan di atas. Tanpa adanya modul aplikasi interaktif yang indah-indah dan menarik hati, fun learning itu akan tetap ada selamanya. Makanya, kalau orang yang belajar, hatinya tidak ada fun learning, maka, sekali modulnya sudah tidak interaktif, tidak indah atau tidak menarik lagi, maka fun learning itu pun akan sirna dengan cepatnya, berganti menjadi rasa jemu dan bosan. Jadi mengejar fun learning seperti ini, tidak ada gunanya. Kita belajar untuk mencari ilmu, bukannya belajar karena ada fun nya. Fun learning sejati tercipta melalui proses belajar yang murni. Sedangkan fun learning palsu merupakan hasil buatan manusia untuk memancing minat belajar. Fun learning abadi akan bertahan selamanya dan tidak akan pernah lenyap, sedangkan fun learning palsu sudah pasti tidak akan bertahan lama karena hanya kedok belaka.
  • Untuk kelas online mandarin percakapan, untuk mempermudah proses belajar, aku sertakan media voice call (telpon) untuk berlatih bicara. Jadi kita bisa latihan mengucapkan kata-kata dengan bantuan telpon. Kalian tinggal mendengarkan dan mengikuti ucapanku serta menirukan ucapanku saat membaca. Aku membaca satu kalimat, kalian menirukan satu kalimat. Seperti itu. Walaupun tidak pakai video call, tapi media voice call ini sudah cukup bisa membantu.
  • Memang tidak ada ijasah atau sertifikat di kelas online aku. Namanya juga kelas online bimbel. Kalau butuh ijasah/sertifikat, pilihlah belajar di perguruan tinggi atau lembaga kursus yang memberikan sertifikat. Bagi yang ingin berkarir di bidang bahasa, bisa melakukan hal ini. Akan tetapi, bagi yang tidak mementingkan sertifikat, silahkan belajar di sini. Bagus mana? Punya sertifikat level 3 bulan atau 6 bulan, tapi tidak lancar bicara, membaca dan menulis , dengan tidak punya sertifikat tapi lancar bicara, membaca dan menulis, hayo...?

Yah, itu sekilas gambaran tentang kelas online di tempat aku.

Mungkin bagi yang sudah pernah ikut kelas online, bisa punya sedikit gambaran. Dan bagi yang belum pernah ikut, semoga dengan tulisan ini bisa ada gambaran sedikit.


Sumber Gambar: https://sogou.com



********





No comments:

Post a Comment