Search This Blog:

Select Language To Translate Articles Here:

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

2018-12-31

Tahukah Anda Penemuan Besar Pertama Di Negeri China Adalah Kertas


Teknologi pembuatan kertas di negeri China, sejarahnya sudah lebih dari 2.200 tahun lamanya.

Pada tahun 1933, melalui penggalian, para ahli arkeologi China berhasil menemukan kertas rami dari zaman dinasti Han Barat yang berumur 100 tahun sebelum masehi.

Pada tahun 1957, melalui penggalian juga, para ahli arkeologi juga berhasil menemukan kertas kuno dari zaman awal dinasti Han Barat yang berumur 200 tahun sebelum masehi di sebuah tempat bernama Ba Qiao, di sebelah timur kota Xi An, di provinsi Shan Xi. Kertas ini terbuat dari serat rami yang sudah difermentasi dengan batu kapur dengan campuran sedikit kain linen tua.

Lalu pada zaman Dinasti Han Timur (Tahun 105 Masehi), dengan berbekal teknologi pembuatan kertas dari zaman dinasti Han Barat sebagai dasar, ditambah dengan kulit pohon, kain tua, dan bahan baku lainnya, akhirnya Cai Lun berhasil membuat semacam kertas yang berkualitas baik dengan biaya produksi yang murah serta cara pembuatan yang mudah dan praktis. Teknologi ini dengan cepat sekali tersebar luas.

Pada tahun 300 – 400 Masehi, kertas ini sudah berhasil menggantikan kain sutera dan bilah bambu sebagai bahan utama untuk penulisan buku di negeri China. Hal ini disebabkan karena harga sutera yang sangat mahal dan bilah bambu yang tidak praktis dibawa ke mana-mana.

Di masa pertengahan sejarah negeri China, kertas sudah berangsur-angsur menyebar sampai ke daerah Xin Jiang dan sekitarnya, lewat perantara para pedagang yang melalui jalan darat sekitar  tahun 450 masehi.  Kemudian menyebar sampai ke Asia Tengah dan Asia Kecil sekitar tahun 650 masehi. Lalu menyebar lagi sampai ke Arab pada tahun 707 masehi. Selanjutnya menyebar ke Mesir pada tahun 800 masehi. Dan akhirnya dari Spanyol menyebar sampai ke benua Eropa pada tahun 950 masehi.

Setelah tahun 1150, barulah satu demi satu negara-negara di eropa memiliki pabrik pembuatan kertas.

Akhirnya pada abad ke-16, kertas berhasil menggantikan kulit kambing dari tradisi Eropa dan rumput kertas dari tradisi Mesir sebagai sarana yang amat penting di dalam menyebarluaskan kebudayaan dan turut mempercepat perkembangan dunia pendidikan dan kebudayaan.



Sumber Foto: Dokumentasi Pribadi
 
 
 
********











No comments:

Post a Comment