Search This Blog:

Select Language To Translate Articles Here:

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

2018-12-19

Belajar Idiom Menggantung Rambut Di Balok Menusuk Paha Dengan Jarum 悬梁刺股


悬梁刺股 

Pada zaman Dinasti Han, hiduplah seorang pelajar bernama Sun Jing. Dia suka sekali belajar. Dia sering mengurung diri di kamar untuk membaca buku. Bisa sampai berhari-hari dia tidak keluar dari kamar. Dia sangat rajin dan tekun. Walaupun tubuhnya sudah lelah pun, dia masih tetap tidak mau berhenti. Karena takut mengantuk, dia lalu mengikatkan rambutnya pada seutas tambang, dan tambang tersebut diikatkannya di atas balok di bawah atap kamarnya. Jadi saat dia mengantuk dan kepalanya mengangguk, tambang itu akan menarik rambutnya dan menyakiti kulit kepalanya, sehingga dia akan kembali mendusin.

Su Qin yang hidup di zaman negara-negara berperang adalah seorang yang berambisi besar. Akan tetapi saat mulai berkarir, karena keterbatasan ilmu pengetahuannya, maka belum ada yang tertarik untuk merekrutnya. Oleh karena itu, untuk memenuhi ambisinya, dia lalu berikrar akan menuntut ilmu sebanyak-banyaknya. Untuk mencegah agar tidak mengantuk saat belajar, dia lalu menyiapkan sebuah jarum penggerek di sisinya. Jadi setiap kali dia merasa lelah, dia akan menusukkan jarum tersebut pada pahanya, sehingga dia akan tetap mendusin.

Karena ketekunannya, kedua orang ini pun akhirnya bisa meraih kesuksesan dan membuat prestasi besar sepanjang karirnya. 


Apa makna dari idiom ini?

 
悬梁刺股
懸樑刺
Xuán liáng cì gǔ
Bacanya: sien liang che ku
Menggantung rambut di balok, menusuk paha dengan jarum


Maknanya:


Orang yang sangat rajin dan tekun belajar.


Melukiskan kesungguhan, keseriusan  dan ketekunan seseorang dalam belajar. Apa pun halangan dan rintangan yang dia alami tidak akan menyurutkan semangat dan tekadnya, dan walau seberat apa pun tantangan yang harus dia  hadapi, dia pasti bisa mengatasinya dengan baik.



Sumber Gambar: 成语故事
 
 
 
 
********
 

No comments:

Post a Comment