Search This Blog:

Select Language To Translate Articles Here:

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

2018-12-16

Belajar Idiom Kakek Pandir Memindahkan Gunung 愚公移山


Kakek Pandir Memindahkan Gunung  愚公移山

Pada zaman dahulu kala, di utara kota He Yang, di selatan provinsi He Bei, ada dua buah gunung yang besar. Yang satu bernama Tai Xing dan satunya lagi bernama Wang Wu.

Sebenarnya, dahulu kedua buah gunung ini tidak berlokasi di tempat ini. Dahulu kedua buah gunung ini menyambung menjadi satu. Adalah seorang kakek bernama Yu Gong - 愚公(Kakek Pandir) bersama keluarganya yang telah memindahkan gunung ini.

Yu Gong sudah berusia hampir 90 tahun. Dia tinggal di seberang gunung ini. Dia merasa gunung ini telah menghalangi jalan, membuat orang-orang yang ingin lewat menjadi susah. Kakek ini lalu membawa anak cucunya menggali gunung untuk membuka jalan.

Seorang pria bernama Zhi Sou menertawai Yu Gong. Dia bilang, Yu Gong sudah keburu mati sebelum jalan berhasil dibuka. Akan tetapi Yu Gong tetap bersikeras dan berkata, jika dia mati, masih ada anak-anaknya. Jika anak-anaknya mati, masih ada cucu-cucunya. Jika anak cucunya terus melanjutnya usahanya, maka jalan pasti akan terbuka.

Perbuatan Yu Gong membuat hati Raja Langit terharu. Raja Langit lalu memerintahkan para dewanya untuk menggeser gunung yang menghalangi jalan tersebut. Akhirnya berpindahlah kedua buah gunung tersebut.



Apa makna dari Idiom ini?


愚公移山
愚公移山
Yú gōng yí shān
Bacanya: yi kung yi san
Kakek Pandir memindahkan gunung


Maknanya:


Melakukan usaha yang gigih untuk mengubah alam atau berjuang dengan penuh semangat dan  pantang mundur.



Jika engkau pantang menyerah dan terus berusaha dengan gigih dan tekun, niscaya keberhasilan akan engkau raih.



Sumber Gambar: 成语故事



********

No comments:

Post a Comment