Search This Blog:

Select Language To Translate Articles Here:

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

2019-03-05

Tahukah Anda Asal Usul Dari Cakwe

Cakwe Goreng

Cakwe disebut juga You Zha Gui - 油炸桧 atau You zhuo Gui - 油灼桧.

Konon kabarnya, cakwe mulai dikenal pada masa Dinasti Song Selatan.

Saat itu, seorang pahlawan bangsa yang terkenal pada zaman itu, yaitu Jenderal Yue Fei (岳飞) dihukum mati di Hang Zhou oleh pengadilan Feng Bo Ting (风波亭) atas tuduhan palsu, yang sama sekali tidak dilakukannya, akibat fitnah dan konspirasi yang dilakukan oleh komplotan Perdana Menteri Qin Gui (秦桧) dan isterinya yang bermarga Wang.

Setelah kabar eksekusi mati Yue Fei tersiar, penduduk Hang Zhou menjadi amat murka. Akan tetapi, mereka tidak bisa berbuat apa-apa terhadap Qin Gui, menteri durjana itu. Karena pada saat itu, Kaisar sangat menyayangi dan mempercayai perdana menterinya itu. Semua perkataan Qin Gui, ditelan bulat-bulat oleh Kaisar.

Kemudian, ada seorang pedagang kue membuat adonan dari tepung terigu berbentuk manusia. Dua buah adonan berbentuk manusia itu ditempelkan menjadi satu, maksudnya adonan itu mengibaratkan Qin Gui dan isterinya itu. Kemudian kedua buah adonan itu dimasukkan ke dalam wajan, lalu digoreng. Kue goreng ini dinamakan You Zha Gui – 油炸桧, yang artinya Gorengan Qin Gui.

Orang-orang yang membenci Qin Gui ramai-ramai membeli makanan gorengan ini, sebagai wujud pelampiasan amarah mereka terhadap menteri durjana ini. Karena rakyat tidak berdaya untuk membela keadilan, jadi mereka hanya bisa melampiaskannya dalam bentuk membuat gorengan Qin Gui untuk dimakan !

Sejak itu gorengan Qin Gui terkenal sampai sekarang. Bahkan sampai sekarang pun gorengan ini masih disukai. Kalau sekarang, bentuk adonannya ada perubahan sedikit, yaitu adonannya berbentuk kurus panjang yang disatukan menjadi satu, tidak berbentuk manusia lagi.

Di Indonesia, gorengan You Zha Gui ini lama-lama menjadi Zha Gui, dan akhirnya sebutannya menjadi Ca kwe saja.

Jadi begitulah asal asul dari Cakwe !
 


Sumber Foto: https://google.com



********








No comments:

Post a Comment