Search This Blog:

Select Language To Translate Articles Here:

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

2019-01-26

Tahukah Anda Mengapa Tahun Baru Imlek disebut juga Hari Raya Musim Semi 春节 Chun Jie


Tahun Baru Orang Tionghoa jatuh pada hari pertama tahun pertama dari Penanggalan Tani (Kalender Tani – 农历- nóng lì ). Merupakan awal dari suatu tahun yang baru. Makanya disebut juga dengan Tahun Baru Kalender Tani. Kalender Tani adalah  penanggalan tradisional negeri Tiongkok yang merupakan cerminan dari perubahan empat musim di sana.

Di negeri Tiongkok, hari itu merupakan perlambang bahwa musim dingin sudah berlalu, dan awal datangnya musim semi. Oleh karena itulah, maka Tahun Baru Orang Tionghoa dinamai juga Hari Raya Musim Semi (春节 - Chun Jie).

Lalu apa yang disebut dengan 除夕 – Chu Xi?

Chu Xi menunjuk pada hari terakhir dari bulan ke-12 dari Kalender Tani. Hari itu adalah 1 hari sebelum Hari Raya Musim Semi atau Malam Imlek (Malam Tahun Baru).

Makna dari kata di sini adalah Menyingkirkan yang lama, menggantikannya dengan yang baru. Maksudnya, tahun yang lama sudah berakhir, dan siap memulai tahun yang baru. 

Semua orang menggantungkan harapannya di tahun yang baru akan lebih baik dari tahun sebelumnya. Pada tahun baru ini, semua orang akan memasang lukisan tahun baru, menempelkan 春联 – chūn lián (Tulisan-tulisan menyambut tahun baru yang ditempelkan di depan pintu rumah), mengobrol semalaman sembari makan cemilan di malam tahun baru, berkumpul dan makan bersama keluarga serta membagikan angpao.  



Sumber Gambar: https://sogou.com



********







No comments:

Post a Comment