Search This Blog:

Select Language To Translate Articles Here:

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

2019-01-03

Belajar Idiom Melubangi Tembok Untuk Mencuri Cahaya 凿壁偷光


Melubangi Tembok Untuk Mencuri Cahaya  凿壁偷光 

Ilmuwan besar Dinasti Han, Kuang Heng sewaktu masih muda sudah dikenal amat suka belajar. Dia sangat rajin dan tekun. Berhubung keadaan keluarganya yang sangat miskin saat itu, dia tidak bisa belajar di waktu malam, karena keluarganya  tidak sanggup untuk membeli lampu. Tetangga sebelah rumahnya lebih berada. Terbersit di dalam pikiran Kuang Heng untuk belajar di rumah tetangganya itu. Akan tetapi dia ditolak mentah-mentah oleh sang tetangga.

Belakangan dia mendapatkan sebuah akal yang bagus. Diam-diam dia membuat sebuah lubang kecil pada tembok rumahnya. Sehingga cahaya dari rumah sebelah menembus masuk lewat lubang kecil itu. Dengan demikian, dia bisa memanfaatkan cahaya yang redup itu untuk belajar.

Buku yang dibaca oleh Kuang Heng lama-kelamaan semakin banyak. Sayangnya, dia tidak punya uang untuk membeli buku. Dia mendapat info, ada seorang pria kaya yang tinggal di kabupaten. Di rumah pria ini ada bertumpuk-tumpuk buku. Dia rela bekerja di rumah pria kaya ini, agar bisa meminjam buku. Dia tidak minta dibayar gajinya. Pria kaya ini sangat senang. Maka dipinjamkannya semua buku yang ada di dalam rumahnya kepada Kuang Heng.

Berkat ketekunannya dalam belajar, akhirnya Kuang Heng berhasil menjadi seorang ilmuwan.

Apa makna dari idiom ini?


凿壁偷光
鑿壁偷
Záo bì tōu guāng
Bacanya: cao pi thou kuang
Melubangi tembok untuk mencuri cahaya


Maknanya:

Melukiskan seseorang yang belajarnya sangat rajin dan tekun.

Atau:

Orang yang mau bekerja keras dan rela berkorban demi meraih cita-cita.



Sumber Gambar: 成语故事
 
 
 
********













No comments:

Post a Comment